Belajar Excel untuk Ketahui Cara Mudah Membuat dan Juga Menghapus Tabel
Tabel adalah fitur yang berguna bagi kita untuk melakukan beberapa operasi di Excel, jadi terkadang, kita perlu membuat tabel berdasarkan berbagai data. Untuk mengonversi range menjadi tabel atau sebaliknya, Excel menyediakan beberapa cara mudah untuk kita gunakan. Ketahui lebih banyak detail di artikel ini.
Dengan menggunakan Tabel, memungkinkan Kamu mengelompokan data Kamu bersama-sama di Excel. Tabel adalah kumpulan baris dan kolom yang spesifik dalam spreadsheet. Salah satu cara yang populer dalam mengelola data di Excel adalah dengan membuat daftar data. Sebuah daftar mendeskripsikan satu tipe objek, seperti order, sales, atau informasi kontak. Secara struktur, sebuah daftar terdiri dari baris header, yang berisi label yang mendeskripsikan data pada tiap kolom dan barisnya. Misalnya, jika Kamu menggunakan daftar untuk menyimpan informasi kontak customer, Kamu bisa memiliki beberapa kolom untuk nama-depan customer, nama-belakang, alamat, kota, propinsi, kode pos, dan nomor telepon. Tiap baris pada sebuah daftar akan berisi informasi customer tertentu.
Untuk dapat mengolah data dengan rapi dan juga cepat maka fitur Tabel merupakan jawabanya. Berikut penjelasan mengenai Tabel Excel.
1. Manfaat dari Format Tabel Excel
Tabel di Excel memberikan kemudahan bagi Kamu dalam melakukan pengolahan, interpretasi dan analisis data. Melalui Excel, Kamu dapat mengurutkan, memfilter, atau menghitung data dengan mudah. Namun, data Kamu harus ada pada format tabel excel yang sesungguhnya.
Kenapa harus ada pada format tabel Excel? Karena melalui format tabel Excel, Kamu akan memperoleh berbagai fitur khusus data tabel secara spesifik. Selain itu, format tabel excel akan memberikan keuntungan dibandingkan hanya tabel standard. Berikut ini penjelasan lengkapnya.
Dapat memberikan nama tabel agar mudah diingat
Dapat mengubah atau mengganti desain dan gaya tabel dengan mudah
Dapat menambahkan baris data tanpa mengganti referensi tabel.
Dapat menambahkan tombol subtotal dan filter secara otomatis.
Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja
2. Begini Cara Membuat Tabel di Excel
Untuk membuat tabel, Kamu bisa melakukannya di aplikasi Excel dengan versi apapun. Kamu dapat membuatnya di excel 2007, 2010, maupun 2013. Karena pada dasarnya, cara yang digunakan sama. Hanya saja, pada versi terbaru akan memuat fitur-fitur yang tidak ada di versi lama.
Pada pembahasan kali ini, akan kami jelaskan cara membuat tabel melalui Microsoft Excel 2016. Pastikan, worksheet Kamu sudah memuat data yang akan dijadikan tabel.
Selanjutnya, ada dua cara yang bisa Kamu gunakan, yakni:
Membuat Tabel dengan Menu œInsert Table
Pertama, Kamu dapat membuat tabel Excel dengan perintah menu œInsert Table, dengan langkah “ langkah seperti berikut.
Seleksi data yang akan diubah ke dalam format tabel.
Klik tab œInsert, kemudian pilih œTable. Lebih cepat, Kamu dapat menekan tombol Ctrl + L atau Ctrl + T pada keyboard.
Selanjutnya, akan muncul kotak œCreate Table
Pada kotak tersebut, Kamu perlu memastikan jika cell data yang akan dijadikan tabel sudah sesuai.
Centang œMy table has headers agar tabel nantinya memiliki judul kolom (header).
Klik OK
Membuat Tabel dengan Menu œFormat as Table
Kedua, Kamu dapat membuat tabel excel melalui menu œFormat as Table, dengan langkah-langkah berikut ini.
Seleksi data yang akan diubah ke dalam format tabel
Pada tab œHome, pilih œFormat as Table.
Pilih desain tabel sesuai keinginan Kamu.
Selanjutnya, akan muncul kotak œCreate as Table
Sama seperti cara pertama, saat muncul kotak tersebut, Kamu hanya perlu memastikan cell data yang Kamu seleksi sudah betul.
Kemudian centang œMy table has headers.
Klik OK
Setelah tabel sudah jadi, Kamu dapat melakukan langkah-langkah lain, seperti mengganti nama atau menghapus tabel. Perhatikan caranya melalui penjelasan berikut ini!
3. Cara Menghapus Tabel
Untuk alasan tertentu, bisa saja Kamu ingin menghapus tabel Excel. Jika Kamu akan melakukannya, maka ada tiga hal yang perlu Kamu ketahui, yakni. Tabel bisa dihapus sekaligus isinya, hanya menghapus isi tabel, hanya menghapus format tabel
Tidak perlu bingung, perhatikan penjelasan berikut ini terlebih dahulu.
Menghapus Tabel Sekaligus Isinya
Caranya, seleksi tabel secara keseluruhan, termasuk header (jika ada). Selanjutnya, tekan œDelete pada keyboard. Format tabel dan isinya akan terhapus “ selesai.
Hanya Menghapus Isi Tabel
Caranya, seleksi bagian tabel yang akan dihapus isinya. Selanjutnya, tekan œDelete pada keyboard. Isi tabel terhapus dan format tabel masih ada “ selesai.
Hanya Menghapus Format Tabel
Caranya, klik bagian tabel, kemudian akan muncul tab menu œDesign. Klik tab tersebut, lalu pilih œConvert to Range “ selesai.
Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel
4. Tingkatkan Skill Mu dalam Pengolahan Data Bersama DQLab
Pengolahan data merupakan skill dasar untuk kamu bisa menjadi seorang Data Scientist. Jadi tunggu apalagi yuk bergabung ke DQLab untuk mempelajari teknik-teknik pengolahan data lainya lebih mendalam dan menggunakannya dalam profesi yang bergerak di bidang data.
Yuk bergabung di DQLab! Kamu bisa belajar data science dari nol hingga bisa bergabung di perusahaan besar. Dengan bergabung sekarang kamu bisa mendapat module GRATIS œIntroduction to Data Science loh! Kamu juga bisa mendapat banyak benefits lainya jika belajar di DQLab.
Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:
Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial
Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring
Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri
Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.