Catat 4 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai Fresh Graduate
Microsoft excel merupakan salah satu aplikasi yang saat ini sering digunakan untuk berbagai keperluan. Bahkan microsoft excel ini sudah dikenal oleh berbagai kalangan dan digunakan oleh hampir seluruh perusahaan kecil maupun besar.
Salah satu kelebihan dari microsoft excel adalah memiliki banyak rumus yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Beberapa rumus excel dasar pun dapat dipelajari dengan mudah dan bisa dipelajari kapanpun.
Microsoft excel ini dirilis pada tahun 1985. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang dapat digunakan dengan mudah untuk mengolah data dalam bentuk spreadsheet. Beberapa kelebihan microsoft excel antara lain memiliki daya tampung yang besar serta memiliki format yang populer dan fleksibel sehingga memudahkan proses entry data sampai pengolahan data.
Pada artikel ini kita akan mengenali beberapa rumus dasar excel yang wajib dipahami terutama oleh para fresh graduate.
1. SUM
SUM merupakan rumus perhitungan dalam excel yang digunakan untuk menjumlahkan angka dalam rentang kelompok sel. Secara umum, cara menggunakan rumus SUM ini sangat mudah. Sebagai contoh jika ingin menghitung nilai dalam sel A3 sampai A7 maka cukup mengetikkan =SUM(B3:B7).
Untuk lebih memahaminya, dapat dilihat pada contoh di bawah ini
Jika kita sudah sesuai menginputkan rentang sel yang akan dihitung, maka cukup mengetikkan ENTER sehingga muncul hasil berikut ini, yaitu nilai 394.
Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja
2. AVERAGE
Selain dapat digunakan untuk menghitung nilai, dalam Microsoft Excel terdapat pula rumus AVERAGE yang dapat digunakan untuk menghitung nilai rata-rata aritmatika. Rumus umumnya adalah AVERAGE(number1, [number2], ..). Untuk lebih memahaminya, dapat dilihat pada contoh berikut
Pada contoh diatas kita akan menghitung nilai rata-rata dari keseluruhan nilai 5 siswa. Jika mengetikkan ENTER maka akan muncul hasilnya sebagai berikut
3. MAX
Rumus MAX merupakan rumus dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari data yang ada. Rumus ini akan sangat membantu terutama jika dihadapkan dengan jumlah data yang sangat banyak. Untuk lebih memahaminya, mari simak contoh berikut ini
maka akan menghasilkan nilai maksimum dari keseluruhan nilai yaitu
4. MIN
Rumus fungsi MIN dalam Microsoft Excel fungsinya hampir sama dengan rumus MAX, hanya saja bedanya adalah jika pada rumus MAX digunakan untuk mencari nilai maksimum,maka pada rumus MIN ini digunakan untuk mencari nilai minimum. Untuk lebih memudahkannya, perhatikan contoh di bawah ini
maka akan menampilkan nilai minimum atau nilai paling kecil dari keseluruhan data, yaitu
Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel
Microsoft excel merupakan salah satu aplikasi yang dibutuhkan dalam berbagai kegiatan. Aplikasi ini akan sangat membantu dalam dunia kerja seperti untuk mengentry data, data cleaning, perhitungan aritmatika sederhana, analisis data sampai visualisasi data. Kalian dapat mempelajari dasar excel di DQLab.
DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama terkait perekrutan profesi data scientist baik sebagai pekerja tetap atau sebagai informasi magang.
Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab.
Penulis : Latifah Uswatun Khasanah
Editor : Annissa Widya Davita