Jadi Master Rumus Dasar Excel, Kuasai Cara Cepatnya Yuk
Menguasai rumus dasar excel adalah hal krusial bagi seorang pemula yang ingin berkarir di dunia industri, khususnya industri yang banyak menggunakan data. Saat ini excel telah menjadi standar yang harus dikuasai seseorang yang ingin bekerja dengan hal yang berkaitan dengan data. Excel menjadi software dan tools analisis data yang akan selalu digunakan, baik oleh data analyst profesional maupun beginner. Bagi seorang investment bankers dan financial analyst, excel digunakan dalam tahap processing, financial modeling, bahkan saat presentasi.
Selain itu, rumus dasar excel juga sudah mulai digunakan dalam akademis, khususnya oleh mahasiswa mahasiswi yang banyak membutuhkan supporting tools untuk menyelesaikan berbagai tugas. Excel memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. Cara menggunakan rumus excel pun beragam, tahukah kamu jika ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk menggunakan rumus excel? Pada artikel kali ini DQLab akan membahas berbagai cara yang bisa digunakan untuk mempermudah penggunaan rumus dasar excel. Jadi tunggu apa lagi, yuk simak hingga akhir!
1. Menulis Rumus pada Cell
Menulis formula di dalam cell adalah salah satu metode yang paling populer untuk menggunakan rumus dasar excel. Cara ini dimulai dengan menuliskan sama dengan dan diikuti dengan nama rumusnya. Untungnya, excel sudah pandai sehingga kita tidak perlu menuliskan semua nama rumus. Ketika kita menuliskan beberapa huruf, maka rumus yang mengandung huruf tersebut akan muncul dan bisa kita klik. Namun, jangan klik tombol enter ya! Kamu bisa klik tombol Tab pada keyboard untuk melanjutkan menginsert opsi lainnya.
Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja
2. Menggunakan Fitur Insert Function dari Tab Formulas
Jika kamu ingin mengontrol penuh proses penginputan rumus, kamu bisa menggunakan fitur insert function agar prosesnya lebih mudah. Caranya gampang, kok! Pertama, masuk ke tab Formulas kemudian pilih menu pertama yang bernama Insert Function. Kemudian akan muncul dialog box yang berisi semua fungsi yang kamu perlukan.
3. Memilih Rumus dari Grup Formula di Tab Formula
Opsi ini adalah opsi paling mudah jika kita ingin menggunakan fungsi yang sering kita gunakan dengan cepat. Untuk menemukan fungsi ini, kita bisa masuk ke Tab Formula kemudian pilih grup. Klik grup atau kelompok rumus yang ada untuk melihat daftar rumusnya. Dari sini, kita bisa memilih preferensi rumus yang kita butuhkan. Jika rumus yang kamu butuhkan tidak ada, kamu bisa klik opsi more function dan cari rumus yang sering kamu gunakan.
4. Menggunakan Fitur AutoSum
Untuk task rutin, fitur autosum akan sangat membantu kita untuk menemukan fungsi yang sering kita gunakan. Untuk menemukan fitur autosum, kita perlu masuk ke tab home, kemudian di sebelah kanan pada kolom editing kita akan menemukan tombol AutoSum yang dilambangkan dengan tanda sigma.cukup klik panah ke arah bawah untuk menemukan fungsi yang sering kamu gunakan atau klik More Function jika kamu ingin menggunakan fungsi lainnya.
Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel
Jadi master rumus dasar excel yuk! Pelajari rumus dan fitur excel dengan modul dari DQLab! Modul DQLab disusun oleh expertise di bidangnya sehingga materi yang akan dipelajari tidak perlu diragukan lagi.
Selain itu, kita juga akan belajar praktik langsung menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri sehingga kita memiliki gambaran bagaimana kondisi data di industri yang sebenarnya. Selain modul, kita juga bisa mengakses free e-book 24 jam sebagai materi belajar tambahan.
Yuk akses e-booknya dengan klik button di bawah ini atau Sign Up melalui DQLab.id! Selamat belajar!
Penulis: Galuh Nurvinda K
Editor: Annissa Widya Davita